top of page

Ceratophyllum demersum

Tumbuhan ganggang air merupakan salah satu jenis tumbuhan akuatik dengan nama latin Ceratophyllum demersum yang sering disebut sebagai gulma air. Tumbuhan ini mudah ditemukan karena tumbuhan ini mempunyai kemampuan menyebar di berbagai habitat perairan. Ceratophyllum demersum telah menyebar di seluruh dunia. Penyebaran di seluruh dunia ini juga dibantu melalui proses perdagangan yaitu perdagangan tanaman hias.


Meskipun dianggap gulma, sebenarnya ganggang air mempunyai manfaat untuk lingkungannya yaitu menjadi agen perbaikan lingkungan atau fitoremediasi. Ceratophyllum demersum untuk lingkungan ialah mampu menyerap zat pencemar di perairan seperti Mn, Cd, Cr, Zn, Pb dan Cu. Tanaman ini juga mampu menurunkan parameter BOD pada fitoremediasi limbah cair kopi.


Ceratophyllum demersum memiliki ciri-ciri antara lain pada umumnya berbentuk serabut, berwarna hijau, tumbuh di air secara horizontal, mempunyai cabang-cabang yang banyak dan bulat, tiap jarak dengan panjang 1-3 cm terdapat daun-daun kecil yang membentuk sebuah susunan, bisa bercabang berulangkali, bertekstur kaku yang dapat mengingatkan kita pada tanduk rusa.




4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page