top of page

Nelumbo nucifera

Nelumbo nucifera atau biasa disebut seroja merupakan tanaman akuatik yang masuk ke dalam famili Nelumbonaceae. Jenis tumbuhan ini berasal dari Asia Timur yang memiliki iklim tropis dan Australia yang memiliki iklim subtropis. Kita bisa menemukan jenis tumbuhan ini di perairan berlumpur, kolam, dan rawa. Tumbuhan ini tumbuh dengan indah di air secara cegak dan menahun, serta dikenal secara umum berasal dari dataran Asia.


Nelumbo nucifera memiliki peran untuk lingkungan antara lain mempunyai kemampuan tinggi untuk menurunkan kadar fosfat yang berasal dari limbah domestik. Tumbuhan ini juga dapat meremediasi limbah merkuri meskipun tidak setinggi kemampuan jenis tumbuhan lain.


Ciri-ciri dari Nelumbo nucifera adalah daunnya berbentuk bulat, pangkal daunnya melekuk, tangkai daunnya tegak sehingga daunnya muncul di permukaan air, bunganya tegak yang muncul di permukaan air terkadang berwarna merah muda dan merah muda - putih, saat mekar terdapat garis tengah bunga berkisar antara 15-25 cm dan berkembangbiak melalui biji yang sudah tua atau rimpang.




13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page