top of page

Thalia geniculata

Tumbuhan kana air merupakan jenis tumbuhan dari famili Marantaceae dengan nama latin Thalia geniculata. Jenis tumbuhan ini telah menyebar di daerah hutan hujan tropis yang biasanya berada di ketinggian 1.000 mdpl. Thalia geniculata berasal dari Amerika Utara. Kita dapat menemukan tumbuhan ini pada habitat basah seperti kolam, parit pinggir jalan, rawa, danau, bendungan, sepanjang aliran air.


Manfaat jenis tumbuhan Thalia geniculata untuk lingkungan sekitar? Manfaatnya sebagai agen fitoremediator pencemar nitrogen dan fosfat pada limbah domestik.


Ciri-ciri Thalia geniculata antara lain jenis tumbuhan yang menyebar melalui rimpang (batang bawah tanah yang pendek dan tebal) dan biji dapat luruh ke air dan menyebar, buahnya berbentuk bulat seperti kapsul atau sering disebut ellipsoid dengan panjang 9-12 mm dan lebar 6-7 mm, buah yang matang akan jatuh ke tanah. bunganya tersusun dalam rangkaian berbentuk bulir yang tiap tangkai bunga ada 4-5 untaian bunga yang berwarna hijau dan berbulu, bunganya memiliki kelopak berwarna ungu serta ada yang menjorok keluar seperti dasi berwarna ungu muda terang, proses mekar bunganya dari bulir atas terlebih dahulu sampai bagian bawah, setelah mekar bunganya lalu gugur akan meninggalkan bekas berbentuk zig-zag.




10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page