top of page

Cyperus alternifolius

Cyperus alternifolius atau biasa disebut Teki-tekian merupakan salah satu tanaman akuatik yang termasuk kedalam famili Cyperaceae. Kita dapat menemukan jenis tumbuhan ini secara melimpah di daerah yang lembab, basah, atau yang mempunyai iklim sedang dan iklim subarktik.

Lalu apa manfaat jenis tumbuhan Cyperus alternifolius? Jenis tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai taman pengolah limbah cair (Waste water Garden). Mengapa dapat dimanfaatkan sebagai taman pengolah? Karena jenis tumbuhan Cyperus alternifolius memiliki kemampuan untuk menyerap nitrogen (N) dan fosfor (P) dibandingkan jenis tumbuhan lain pada sistem lahan basah buatan.

Cyperus alternifolius memiliki ciri-ciri antara lain batangnya kokoh tidak berdaun, batang berbentuk segitiga yang dapat tumbuh hingga 2 m, tangkai penyangga daun berbentuk sempit dan datar, panjang daunnya antara 12-15 cm, bagian tengah-tengan daun tumbuh bunga-bunga kecil bertangkai yang berwarna kehijauan. Sistem perakaranya ada banyak untuk menyerap zat organik di perairan dan perkembangbiakannya dengan cara memisahkan rumpun-rumpun serta dengan cara memotong




14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page